MAHASISWA KKN IK DESA TAMBAKROMO IAIN KUDUS MENUMBUHKAN RASA CINTA TERHADAP AL – QUR’AN.

Diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril, kitab suci Alquran bukan hanya kitab suci umat Islam, melainkan berisi perintah Allah, pedoman, sejarah, hingga kisah Islam yang patut diketahui umatnya. Turunnya isi Alquran dilakukan secara berangsur-angsur selamat 22 tahun 2 bulan 27 hari atau hampir 23 tahun. Selain sebagai pedoman hidup, kitab suci Alquran banyak memiliki manfaat bagi orang-orang yang senantiasa membaca, mengamalkan atau bahkan menghafalnya. Membaca Al-Qu’an adalah suatu keharusan yg wajib hukumnya bagi kita untuk mempelajari nya.

Memberikan pemahaman tentang tata cara mengaji yg baik dan benar serta memberikan pengertian tentang ilmu tajwid dalam Al-Qur’an karna hukumnya adalah wajib. Pada tanggal 13 September 2021 kita memulai Progja moderasi beragama, KKN IK Desa Tambakromo ikut serta mengajar mengaji anak-anak di TPQ setiap sore. Serta mahasiswa juga ikut serta mengajar mengaji ibuk-buk lansia di Masjid Baitussalam Tambakromo setelah jama’ah magrib. Alhamdulillah, anak-anak di TPQ, ibuk-ibuk lansia sangat antusias dan menyambut kami dengan baik. Kami pun mengajar semaksimal mungkin ilmu tajwid. Karena dalam membaca Al-Qur’an harus dengan bacaan yang benar.

Salah satu manfaat yang akan dirasakan bagi orang yang rajin membaca Alquran adalah hati terasa lebih damai dan nyaman. Rahmat dan kasih sayang Allah SWT tidak akan pernah putus untuk hambaNya. Bisa memberikan syafa’at atau pertolongan di akhirat nanti adalah amalan membaca Alquran. Orang yang membaca Alquran dengan ikhlas dan rajin juga diibaratkan sebagai buah dengan rasa yang enak dan bau yang nikmat. Allah SWT akan menjaga mereka yang rajin membaca Alquran. Allah akan mengkaruniakan kepada orangtua kita mahkota yang berkilauan, bagi orang yang rajin membaca Alquran. Membaca Al-Qur’an mampu menjadi penuntun ke jalan kebenaran, kebaikan dan keselamatan dst. Maka dari itu, kita menanamkan pada anak-anak di TPQ agar lebih giat membaca Al-Qur’an sejak usia kecil.

Menurut Kyai Suhaimin selaku ketua TPQ dan Kyai Musthofa Afif selaku ketua Ta’mir Masjid Tambakromo sangat mengapresiasi kegiatan kami. Selain menyalurkan ilmu kalian, kalian juga bisa memakmurkan masjid.
Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

إِنَّ أَفْضَلَكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

“Sesungguhnya orang yang paling utama di antara kalian adalah yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.”
Dalam Q.S. al-Tawbah: 18 Allah swt. berfirman, yang artinya; “Sesungguhnya hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, Maka merekalah orang-orang yang diharapkan Termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk”. Selain itu, dalam hadis disebutkan riwayat al-Tirmidzi dari Abu Sa’id al-Khudry, bahwa Rasulullah saw. bersabda, yang artinya, ”Apabila kamu melihat seseorang biasa pergi ke masjid maka saksikanlah ia benar-benar beriman, karena sesungguhnya Allah swt. berfirman; Sesungguhnya hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir”.

About tambakromo 20 Articles
Pelayanan Publik

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan