Lakukan Observasi UMKM Oleh Mahasiswa KKN IAIN Kudus Di Desa Tambakromo

Mahasiswa KKN IAIN Kudus Kemarin melakukan observasi terhadap pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 . Pandemi Covid-19 ini memberikan pengaruh yang cukup siginifikan terhadap aspek kehidupan, tidak terkecuali Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang juga terkena dampak dari pandemi Covid-19 tersebut.

Bapak Kaseno, salah satu pembuat tempe dari Desa Tambakromo, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati, mengeluhkan menurunnya penghasilan semenjak pandemi Covid-19 ini terjadi. Penghasilan sangat berkurang semenjak adanya pandemi Covid 19 saat ini, apalagi semua aktivitas kita saat ini di batasi oleh aparat pemerintah dengan pemberlakukan PPKM.” tuturnya. Bapak Kaseno juga berharap agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir sehingga diharapkan aktivitas berjualannya kembali seperti sediakala.

Aji Sukma Wahyu M salah satu mahasiswa KKN menyamapiakan bahwa “para UMKM juga harus pandai melihat peluang yang ada di tengah kesulitan”.

“UMKM juga bisa mendapatkan kepastian, kesempatan, perlindungan, dan berusaha seluas mungkin meski diterjang pandemi Covid-19 seperti saat ini dan segera bangkit dari keterpurukan dengan melakukan berbagai macam inovasi untuk melakukan penjualan atau pemasaran produknya apalagi di masa serba digital walaupun hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan.” Ucapnya. (Yono)

About tambakromo 20 Articles
Pelayanan Publik

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan