MAHASISWA KKN IK IAIN KUDUS DESA TAMBAKROMO MEMBANTU STAF ADMINISTRASI DESA UNTUK MELAYANI MASYARAKAT DESA TAMBAKROMO 

Dalam praktiknya, administrasi desa mencakup seluruh pencatatan data maupun informasi yang terkait dengan pemerintahan desa. Administrasi ini telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Dalam Negeri, tetapi teknis pelaksanaan dan pembinaan operasionalnya diputuskan lewat Keputusan Bupati. Kemudian, agar pengelolaan pemerintahan desa semakin meningkat, dibutuhkan penyempurnaan pelaksanaan administasi

Berikut ini adalah sejumlah definisi yang berhubungan dengan administrasi di pedesaan :

1. Administrasi umum: pencatatan data dan informsi yang menyangkut pemerintahan desa;

2. Administrasi penduduk: pencatatan data dan informasi yang menyangkut kependudukan;

3. Administrasi keuangan: pencatatan data dan informasi yang menyangkut keuangan desa:

4. Administrasi pembangunan: pencatatan data dan informasi yang menyangkut pembangunan, baik yang akan, sedang, dan sudah diselenggarakan pemerintah desa.

Keempat jenis Administrasi tersebut dicatat dalam buku administrasi desa yang berbeda. Lantas, apa saja fungsi dari Administrasi yang terlaksana di pemerintah desa?

Pada dasarnya, mencatat semua kegiatan yang berkaitan dengan pemerintah desa akan membantu berbagai pihak dalam sejumlah kebutuhan, baik yang skalanya kecil maupun besar. Tanpa administrasi, akan sulit bagi staf pemerintah maupun masyarakat saat mencari informasi yang mereka butuhkan dalam waktu cepat. Pencatatan data dan informasi pun akan memudahkan pekerjaan sehari-hari.

Berkaitan dengan poin sebelumnya, data dan informasi yang tercantum secara sistematis akan membuat para staf maupun pegawai mampu menyelesaikan tugas tepat waktu. Misalnya, mengarsip surat masuk dan keluar dalam buku khusus yang mencatat nomor, tujuan, hingga maksud dari penulisan surat itu. Hal tersebut tak akan menyulitkan mereka saat hendak mencarinya kembali.

Dalam masa KKN, mahasiswa IAIN KUDUS turut serta membantu pelayanan masyarakat di Balai Desa Tambakromo. Kita berusaha semaksimal mungkin dalam melayani masyarakat, walaupun kami masih dalam masa bimbingan. Dalam melayani masyarakat, kami menekankan etika yang baik, seperti ; kesopanan dan kesantunan. Alhamdulillah, selama melayani masyarakat, kita berhasil dengan pelayanan penuh. Menurut Bapak Su’udi selaku Kepala Desa Tambakromo “kinerja yang dilakukan mahasiswa sangat membantu dalam melayani masyarakat. Etika yang baik, dan kesantunan cukup dijunjung tinggi. Sekali lagi, terimakasih untuk mahasiswa IAIN KUDUS, yang telah meluangkan waktunya untuk pengabdian di masyarakat. Salah satunya, ikut membantu pelayanan di Balai Desa Tambakromo”.

About tambakromo 20 Articles
Pelayanan Publik

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan