MENGENAL LEBIH DEKAT MAKAM/PUNDEN NYAI AGENG NGERANG TAMBAKROMO BERSAMA MAHASISWA KKN IK IAIN KUDUS DESA TAMBAKROMO

Nyai Ageng Ngerang adalah tokoh Islam wanita penyebar agama Islam pada era Wali Songo. Beliau menyebarkan agama Islam di wilayah Juwana Pati dan memiliki Pesantren yang didukung masyarakat Desa Tambakromo Pati. Hingga di akhir hayatnya, beliau dimakamkan di desa tersebut.

Menurut juru kunci makam Nyai Ageng ngerang, Bapak Slamet “masyarakat yang ingin berziarah ke makam Nyai Ageng ngerang dapat berziarah setiap hari 24 jam. Hal itu, karena dari pihak pengelola selalu membuka lokasi makam Nyai Ageng Ngerang dari pagi hingga menjelang subuh. Puncak kepadatan peziarah akan sangat banyak menjelang haul Nyai Ageng Ngerang yang jatuh pada tanggal 1 Muharram bertepatan dengan hari tahun baru untuk umat Islam. Pada saat haul, biasanya diadakan berbagai rangkaian acara mulai dari Tahlilan, Khataman Al-Qur’an Bin nadhor dan Bil Ghoib, Kirab Luwur, dan Pengajian Akbar”. Pada acara haul, biasanya banyak penjual yang menjajakan dagangannya di sepanjang pasar Tambakromo hingga keujung makam. Hal ini, membuat keramaian tersendiri setiap menjelang Bulan Muharram tiba, di Dukuh Ngerang.

Maka dari itu, kita sebagai anak-anak muda wajib mengenal dan mengenang jasa leluhur kita. Adapun mahasiswa KKN, mengajak pemuda Desa Tambakromo untuk berziarah dan sowan kepada juru kunci, agar kita bisa mendoakan dan mengetahui sejarah leluhur desa kita. Menerapkan nilai-nilai moderasi beragama kepada anak-anak muda sekarang sangat penting. Karena itu, kita berusaha untuk menerapkan rutinan berupa ziarah ke makam leluhur kita. Mudah-mudahan menjadi amal baik kita semua. Amin…

About tambakromo 20 Articles
Pelayanan Publik

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan