SELAPANAN MAULID OLEH MAHASISWA KKN IK IAIN KUDUS DESA TAMBAKROMO BERSHOLAWAT BARENG HABIB HILMY BIN AHMAD BASYUROH SEBAGAI BENTUK MAHABBAH KITA DENGAN RASULULLAH SAW DAN PEMBENTUKAN SPIRITUAL JIWA MANUSIA

Menurut Ricky Bachtiar Yahya salah satu mahasiswa KKN IK IAIN KUDUS mengatakan “inti pendidikan spiritual adalah perpindahan dari jiwa yang kotor menuju jiwa yang bersih, dari akal yang belum tunduk kepada syari’at menjadi akal yang taat kepada syari’at; dari hati yang berpenyakit dan kerasa ada hati yang tenang dan sejahtera; dari ruh yang jauh dari ‘pintu’ Allah, yang lalai dalam beribadah dan tidak sungguh-sungguh dalam melakukannya, menuju ruh yang ma’rifah kepada-Nya, senantiasa melaksanakan hak-hak beribadah kepada-Nya, dari jasad yang tidak manaati aturan syariat, menuju fisik yang senantiasa memegang aturan-aturan syariat”.

Sementara yang dimaksud pendidikan spiritual merupakan pendidikan pribadi, dengan mengolah pikiran, hati, dan tubuh dalam menapaki pengalaman-pengalaman hidup sebagai usaha untuk mendekatkan diri kepada tuhan. Istilah pendidikan spiritual dalam dunia Islam dikenal dengan sebutan ilmu tasawuf.

Sebagai doa ialah permohonan, baik itu untuk dirinya sendiri maumpu untuk orang lain. Sedangkan sholawat sebagai ibadah ialah pernyataan hamba atas rasa tunduk kepada Allah SWT dan mengharapkan pahalanya. Shalawat yang dimaksudkan dalam tulisan ini ada dua ranah yaitu shalawat yang secara khusus ditujukkan kepada Nabi Muhammad SAW dan shalawat umum yang sifatnya memberikan motivasi kepada manusia.

Shalawat yang secara khusus ditujukkan kepada Nabi Muhammad SAW misalnya: Shalawat Tibbil Qulub, shalawat fatih dll. Sedangkan shalawat yang secara umum yang sifatnya memberikan motivasi kepada manusia kebanyakan yaitu shalawat yang dilantunkan oleh Habib Hilmy bin Ahmad basyuroh. Di mana lirik shalawat yang dilantunkan yaitu lirik shalawat yang sudah dibuat oleh ulama terdahulu, maupun shalawat yang dibuat oleh ulama sekarang dengan menggunakan bahasa Indonesia yang mudah diserap dan dipahami maknanya untuk orang awam yang dibalut dengan iringan perbaduan alat musik atau sering disebut alat musik rebana (hadroh).

About tambakromo 20 Articles
Pelayanan Publik

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan